Eksplorasi Avath dalam Dua Single Terbaru: “FELO DE SE” dan “HALLOWED GROUND”

Setelah The Avhath Rites, Avhath kembali dengan “FELO DE SE” & “HALLOWED GROUND”, dua single yang membawa kita ke setting berbeda dari dunia Avhath sebelumnya. Dibantu oleh Alyuadi Febryansyah sebagai produser rilisan ini, Avhath mecoba mengeksplorasi aransemen, instrumen, dan juga notasi yang sebelumnya belum pernah terpikirkan untuk Avhath jamah.

Avhath – “FELO DE SE”

“Memang dari awal saya ingin sesuatu yang lebih eksploratif ketimbang rilisan-rilisan Avhath sebelumnya. Eksploratif dalam semua aspek.” ujar Ekrig ketika ditanya mengapa memutuskan untuk menambah “kepala” keenam di rilisan Avhath ini. “FELO DE SE” & “HALLOWED GROUND” terdengar colorful namun tetap terbalut kesan depresif, dengan notasi yang ramai dan padat.

Avhath – “HALLOWED GROUND”

Eksplorasi ini terdengar nyata pada menit 2:41 di lagu “FELO DE SE”. Harmoni yang di tampilkan dari masing masing instrumen beserta vokal sangat kontras dengan apa yang sudah di lakukan Avhath sebelumnya. Belum lagi persembahan bunyi saxophone di lagu ini menambah catatan eksperimentasi teritori untuk Avhath. Strumming gitar yang terdengar primitif dan jahat pun juga terdengar di bagian awal lagu “HALLOWED GROUND” mengiringi ketukan drum yang selama ini menjadi salah satu ciri khas Avhath.

Setelah merilis dua single ini, Avhath berencana untuk membuat video klip dari masing-masing single tersebut, dan yang patut di tunggu lagi adalah Avhath berencana untuk merilis album remix yang berisi kumpulan-kumpulan reinterpretasi “FELO DE SE” dan juga “HALLOWED GROUND” dari teman-teman produser lintas genre seperti electronic, drone, sampai indie rock.

“FELO DE SE” & “HALLOWED GROUND” telah dapat ditilik di berbagai layanan digital seperti Apple Music, YouTube Music, Spotify, Bandcamp dan platform digital lainnya sejak 26 Februari 2021 lalu.

Foto: Avhath
Avhath:
Email: avhvthrites@gmail.com 
Facebook: avhath 
Twitter: @Avhath 
Instagram: @avhath 
YouTube: Avhath Rites

Leave a Reply