Unit Alternative Rock Asal Surabaya, Moondive, Luncurkan Single Ketiganya Tahun Ini dengan Tajuk “Mischief”

Moondive adalah grup musik asal Surabaya, Jawa Timur yang terbentuk pada tahun 2018. Beranggotakan empat orang: Dwinanda (Vokal/Gitar), Alva (Bassist), Dimas (Gitaris) dan Haekal (Drummer). Awal terbentuknya Moondive dimulai ketika Alva mengajak Nanda yang merupakan teman satu departemennya di kampus untuk membetuk sebuah band yang bertujuan untuk sekedar mengisi salah satu acara milik UKM Musik ITS (Unit Kegiatan Mahasiswa Musik Institut Teknologi Sepuluh Nopember) saat itu. Tak lama setelah itu mereka berdua sepakat untuk membuat band dan mengajak Haekal yang juga merupakan anggota dari Musik ITS bergabung mengisi posisi drum, dilanjutkan dengan melakukan jam session di studio milik UKM Musik ITS. Dengan influence musik yang berbeda-beda mereka bertiga sepakat untuk tampil di acara Musgath (Musical Gathering) kala itu dengan konsep sebagai band Instrumental bergenre Alternative Rock. Beberapa kali latihan saat itu dirasa seperti ada yang kurang dengan konsep instrumental dan membuat Nanda sang gitaris ditunjuk untuk menjadi vokalis dengan kondisi ia pada saat itu tidak pernah bernyanyi. Tak diduga banyak respon baik dari teman-teman pasca bermain di panggung Musgath dan membuat mereka bertiga sepakat untuk terus melanjutkan band ini. Seiring berjalannya waktu mereka bertiga mengajak Dimas Eryzal, yang pada saat itu juga merupakan gitaris dari RaraRizal untuk mengisi posisi gitar dua.

Pada tahun 2020 menjadi kesempatan bagi Moondive untuk mengeluarkan lagu-lagunya. Single pertama yang berjudul “Shackled” diluncurkan di platform digital Souncloud pada 2 September 2020. Dilanjutkan dengan single kedua berjudul “Overdrive” yang diluncurkan pada 20 November 2020 di platform digital Spotify, iTunes, YouTube Music, dan lain-lain. Pada 18 Desember 2020 kemarin single ketiga Moondive yang berjudul “Mischief” diluncurkan di berbagai platform digital kesayangan dengan sedikit kendala namun masih dapat teratasi.

Berbicara tentang lagu “Mischief” sendiri, di sini Moondive mencoba untuk menceritakan bagaimana kebohongan hadir diantara kita semua. Bercerita tentang seseorang yang sering membohongi orang-orang di sekitarnya dengan memanfaatkan kebenaran-kebenaran yang ia simpan sendiri dan berakhir merugikan orang lain. Trik-trik licik dan kemampuan memanipulasinya dilakukan demi kepentingannya, agar orang-orang tidak tahu. Layaknya bangkai yang disembunyikan lama-kelaman pasti akan tercium aroma busuknya, tatapan bohongnya dan tingkah laku anehnya sudah tidak mungkin disembunyikan lagi “Now I can see you like an open sky” andai penggalan dari lirik Mischief bisa berbicara. Pada akhirnya semua orang yang ia bohongi telah sadar dan semua kebohongannya telah terungkap.

Pada proses produksi lagu ini semua instrumen kecuali drum direkam secara independen. Untuk bagian vokal, gitar, dan bass dilakukan di rumah Nanda, untuk gitar melodi direkam sendiri oleh Dimas yang berada di luar pulau karena kepentingan pekerjaan dan untuk drum di rekam Aley Studio Record. Untuk mixing dan mastering dikerjakan oleh Chitoz.

Rencananya pada tahun 2021 mendatang Moondive akan mengeluarkan satu single lagi dan berlanjut pada album perdana mereka.

Moondive:
087871225148 (Ekal)
E-Mail: moondive.id@gmail.com
Bandcamp: moondive.bandcamp.com
Twitter: @moondive_id
Instagram: @moondive.id

Leave a Reply