Visualisasikan Kebrutalan Manusia terhadap Hewan, Vox Mortis Luncurkan Video Animasi “Pimata Durjana”

JAKARTA—“Manusia sebagai makhluk yang dibekali akal pikiran, tidak lantas membuatnya lebih tinggi derajatnya dibanding makhluk hidup lain. Sebab pada kenyataan, manusia sendiri yang lebih banyak berkontribusi dalam penghancuran alam maupun sesamanya.”

Fenomena tersebut berusaha ditangkap lewat kacamata Doni Herdaru Tona. Sebagai seorang aktivis hewan sekaligus pendiri Animal Defenders Indonesia, ia merasa perlu untuk menyuarakan hal-hal yang berdekatan dengan aktivitasnya sehari-hari yakni membangun kesadaran tentang kesejahteraan hewan domestik.

Banyaknya kasus kekejaman pada hewan yang ia jumpai membentuk konsistensi akan perjuangannya sampai pada titik ini. Kekesalan, kemarahan, dan kemuakan atas superioritas manusia ia manifestasikan dalam tembang berjudul “Primata Durjana” sebagai salah satu single yang dilepas Vox Mortis beberapa waktu lalu.

https://www.youtube.com/watch?v=S0dJD6e2zbE

Apa yang disuarakan Doni melalui proyek musik terbarunya ini tentu bukan omong kosong belaka. Perilaku menyayangi hewan sudah diterapkan sejak kecil, hingga pada suatu titik ia benar-benar mendedikasikan hidupnya merawat hewan-hewan terlantar, terluka, maupun menyelamatkan mereka jadi sajian di meja makan.

Dalam perjalanannya, Doni menyaksikan bagaimana manusia menindas makhluk lain yang dianggap lebih rendah derajatnya—dalam konteks ini adalah hewan. Menurutnya, tindak kekejaman pada hewan adalah suatu sinyalemen adanya gangguan kejiwaan yang pada tahap selanjutnya, akan mengincar korban yang lebih besar yakni manusia. Hal tersebut dibuktikan dari berbagai penelitian kejiwaan pada kasus-kasus animal cruelty.

Dalam momentum kali ini, Vox Mortis berkolaborasi dengan animator andal M. Irvan Dionisi untuk menciptakan video animasi berdurasi sekira 4 menit yang diangkat dari single tersebut. Alur cerita dan visualisasinya dikembangkan berdasarkan narasi dari Doni sendiri. Proyek ini didukung rumah produksi Scott Rudd Film (Inggris) yang kerap menangani penggarapan video musik dari raksasa metal diantaranya Aborted, Deeds of Flesh, Opeth, dan sebagainya. Video musik tersebut kini dapat disimak melalui kanal YouTube Vox Mortis (09/10/2020).

Dalam waktu dekat Vox Mortis segera merampungkan sesi rekaman serta merilis album debut dengan dua nomor yang telah rilis, “Primata Durjana” dan “Forever No To Dog Meat” termaktub di dalamnya. Doni bersama Vox Mortis sepakat akan terus menyuarakan propaganda kesejahteraan hewan selama hal tersebut diperlukan.

Vox Mortis:
E-Mail: voxmortis2020@gmail.com
Instagram: @voxmortis.official
YouTube: VoxMortis Official

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: