Antologi Doa dan Kutukan dalam Album Debut Cosmicburp “Pusara Pustaka”

Cosmicburp, seorang produser musik, rapper, penyanyi dan penulis lagu asal Semarang, merilis album solonya berjudul “Pusara Pustaka: Antologi Doa dan Kutukan” pada 7 Juli 2020. Album ini merupakan album debut dari Cosmicburp sebagai solois setelah merilis album “The Undying Recital” bersama band electronic-rap-rocknya, Foolish Commander pada Natal 2018 lalu.

Album berisi 13 lagu ini secara umum membicarakan tentang caranya mencapai kondisi baik-baik saja dalam berbagai sudut pandang dan pendekatan. Konsep “baik-baik saja” tentu berbeda-beda untuk tiap orang. Pada album ini, ia berusaha merangkum semua format “baik-baik saja” yang pernah dijejalkan kepadanya sejak lahir hingga dua puluh tahun setelahnya.

Secara khusus, ia menarasikan tentang perjalanan hidupnya dari ia lahir dan memahami konsep bertuhan dan beragama, kesulitan mendapat jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di masa kecil, kontemplasi akan pencapaian hidupnya selama ini, juga kekecewaannya terhadap penolakan pemakaman jenazah seorang perawat oleh warga di Ungaran, Semarang.

“Secara sonik, Cosmicburp banyak mengadaptasi musisi seperti Andre 3000, J. Cole, JAY-Z, Jaco Pastorius, Jack White, Slipknot, Rage Against The Machine, Guns ‘N Roses, dan Gorillaz”, ungkap Cosmicburp dalam keterangan tertulis yang diterima benbenan.com, Senin (6/7/2020).

Dalam penggarapan albumnya, pria dengan nama asli Luthfi Adianto memproduseri, menulis lirik, dan mengaransemen lagu-lagunya sendiri selama kurang lebih satu setengah tahun. Ia mengajak beberapa kolaborator, yaitu Gemby (gitaris Olly Oxen), Mac Dalen, Moe Hummid, dan Tiad Hilm (roster-roster dari HILLS., music company daru Semarang yang juga menaungi Cosmicburp) di beberapa lagu sebagai musisi tamu dan ko-produser. Seluruh proses pasca-produksi dikerjakan oleh Pitra Prabowo. Artwork album dikerjakan oleh Hauntary sebagai fotografer, serta Tiad Hilm sebagai desainer grafis.

Cosmicburp berharap album ini bisa menjadi tempat pelampiasan emosi dan amarah untuk para pendengarnya, serta tempat peristirahatan sementara untuk nantinya kembali berjuang meraih konsep “baik-baik saja” yang diidamkan.

Cosmicburp:
081223455046 (Berlin)
Instagram: @mellonzz
Email: luthfiadianto98@gmail.com
YouTube: Cosmicburp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: